Lomba Iluminasi Mushaf Al-Quran 2020

Latar Belakang Selama berabad-abad, di Nusantara—demikian pula dunia Islam pada umumnya—penyalinan Al-Qur’an dilakukan secara manual, baik h...

Latar Belakang

Selama berabad-abad, di Nusantara—demikian pula dunia Islam pada umumnya—penyalinan Al-Qur’an dilakukan secara manual, baik hiasan maupun tulisannya. Penyalinan tersebut berlangsung sejak kedatangan Islam di kawasan ini hingga akhir abad ke-19 ketika teknologi percetakan semakin maju.

Penyalinan mushaf terjadi di berbagai kesultanan dan wilayah Islam pada masa lalu, di antaranya Aceh, Riau, Sumatera Barat, Palembang, Banten, Cirebon, Yogyakarta, Jawa Tengah, Madura, Lombok, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku. Warisan penting tersebut kini tersimpan di berbagai museum, perpustakaan, pesantren, ahli waris, dan kolektor naskah—diperkirakan berjumlah 1500 naskah.

Mushaf Al-Qur’an dihias sesuai dengan ruang dan waktu penyalinan. Lokalitas budaya tempat mushaf disalin menjadi faktor yang memengaruhi variasi bentuk, motif, dan warna iluminasi (hiasan). Unsur kreativitas lokal, sebagai hasil serapan budaya setempat, terlihat dalam pola dan motif ragam hias yang sangat beragam—masing-masing daerah memiliki ciri khas sendiri.

Setelah hampir satu abad terhenti, era baru dalam kreativitas seni mushaf tumbuh kembali sejak diresmikannya Mushaf Istiqlal pada tahun 1995 dalam rangka peringatan 50 tahun Indonesia merdeka. Sejak saat itu, gairah pembuatan mushaf indah di Indonesia tumbuh kembali, dan sampai saat ini telah ada beberapa mushaf, yaitu Mushaf Sundawi (1997), Mushaf at-Tin (2000), Mushaf Jakarta (2002), Mushaf Kalimantan Barat (2003), dan Mushaf al-Bantani (2010). Semangat itu juga melahirkan gagasan untuk merekonstruksi dan memodifikasi mushaf lama seperti Mushaf Karaton Yogyakarta Hadiningrat (2011) yang didasarkan pada mushaf pusaka keraton. Berbeda dengan seni mushaf pada zaman dahulu yang keseluruhannya dibuat secara manual, “mushaf-mushaf indah kontemporer” ini dibuat dengan bantuan teknologi komputer.

Kata iluminasi (illumination) dalam kamus disebutkan dari akar kata illuminate berarti menerangi, membuat cerah, menghias, mencerahkan secara spiritual atau intelektual. Pengertian ini sesuai dengan yang dimaksudkan di sini, yaitu hiasan naskah yang bersifat abstrak yang bertujuan untuk memperterang atau mempercerah teks yang disajikan, yakni Al-Qur’an. Hiasan tersebut memiliki makna baik dari segi estetik (keindahan), sosial (kultural, identitas), maupun simbolis (ruhani, spiritualitas).

Dalam rangka melanjutkan tradisi pembuatan karya luhur tersebut, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan ‘Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an’. Lomba ini diharapkan dapat merangsang kreativitas para seniman muslim dalam melahirkan karya-karya seni mushaf yang indah dan berkarakter, sekaligus mencerminkan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Tujuan

  • Mencari karya-karya terbaik dalam seni hiasan mushaf di Indonesia.
  • Meningkatkan keterampilan para seniman mushaf.
  • Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni mushaf.

Peserta

Lomba ini terbuka untuk masyarakat muslim berkewarganegaraan Indonesia, baik perorangan maupun kelompok.

Pelaksanaan

Lomba dibuka mulai tanggal 14 Agustus - 30 Oktober 2020.

Ketentuan Karya

  1. Lomba iluminasi mushaf berupa satu paket kesatuan karya yang terdiri atas:
    - Sampul/kulit mushaf (depan, punggung, dan belakang);
    - Iluminasi awal mushaf (menghiasi Surah al-Fatihah dan awal Surah al-Baqarah);
    - Bingkai halaman teks Al-Qur’an;
    - Hiasan-hiasan tepi halaman (menghiasi tanda ‘ain ruku’, hizb, juz, manzil, waqaf lazim, dan sajdah);
    - Kepala surah; dan
    - Tanda ayat.

  2. Tidak boleh menggunakan kaligrafi selain template yang disediakan (terlampir).
  3.  Ragam hias dan warnanya mencerminkan keindonesiaan atau budaya lokal.
  4. Inspirasi karya boleh diambil dari ragam hias mushaf-mushaf kuno Nusantara (contoh bisa dilihat di Database Mushaf Nusantara https://seamushaf.kemenag.go.id/) dan katalog Mushaf Kuno Nusantara: Sumatera/ Sulawesi-Maluku/ Jawa (3 jilid) yang bisa diunduh di https://pustakalajnah.kemenag.go.id/.
  5. Karya disertai uraian konsep yang jelas, di antaranya, yaitu asal usul ragam hias, latar belakang historis, dan makna, baik dari segi estetik (keindahan), sosial (kultural, identitas), maupun simbolis (ruhani, spiritualitas).
  6. Komposisi dan warna hiasan bebas, dengan mempertimbangkan kepantasan untuk penerbitan mushaf Al-Qur’an.
  7. Tidak boleh menggunakan tema/ide bentuk yang menyangkut isu SARA, simbol ideologi terlarang, bentuk manusia dan hewan (mahluk hidup), meskipun melalui proses abstraksi.
  8. Karya dibuat secara digital menggunakan program Adobe Illustrator, CorelDraw, Adobe Photoshop, atau program sejenis lainnya, dengan ukuran A4, resolusi 300 pixel.
  9. Setiap peserta/tim hanya mengirimkan satu paket karya.
  10. Karya yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan dan diikutkan dalam lomba sejenis.
  11. Panitia memiliki hak cipta dan hak publikasi atas karya-karya pemenang lomba, dengan mencantumkan nama pembuatnya pada setiap publikasi.


Ketentuan Pengiriman

Peserta mengisi formulir “Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an” dan melampirkan file karya dalam format ‘jpg’ atau ‘png’ melalui link https://bit.ly/lombailuminasimushaf

Karya peserta harus sudah diterima panitia paling lambat tanggal 30 Oktober 2020.

Pemenang lomba wajib mengirimkan file karya dalam format ‘ai’, atau ‘cdr’, ke alamat email yang akan disediakan kemudian oleh panitia. Hadiah lomba diserahkan kepada pemenang setelah panitia menerima file karya tersebut.

Penjurian

Karya dinilai dari motif ragam hias, komposisi warna, dan karakter ‘keindonesiaan’-nya.

Dewan juri terdiri atas para ahli seni mushaf, seni kriya, dan desain.

Hadiah

Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang tunai.

  • Juara I                           Rp 20.000.000,-
  • Juara II                         Rp 15.000.000,-
  • Juara III                       Rp 12.000.000,-
  • Harapan I                      Rp 10.000.000,-
  • Harapan II                    Rp   8.000.000,-
  • Harapan III                  Rp   7.000.000,-
  • Juara Favorit 10 orang, masing-masing Rp 5.000.000,-

(Pajak hadiah ditanggung pemenang).

Pengumuman Pemenang

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 13 November 2020, dan dapat dilihat di website:

www.bqmi.kemenag.go.id dan www.lajnah.kemenag.go.id

Keputusan juri bersifat mutlak.

Narahubung

Ibnu Athoillah: 081225102089

Nama

Akademik,63,Artikel,3,Beasiswa,5,Featured,1,Kegiatan,27,News,40,Poster,7,Prestasi,2,Tugas Akhir,8,Workshop,1,
ltr
item
Prodi Arsitektur UIN Ar-Raniry: Lomba Iluminasi Mushaf Al-Quran 2020
Lomba Iluminasi Mushaf Al-Quran 2020
https://1.bp.blogspot.com/-ZjKQc5AjLoU/X45z2OmFmyI/AAAAAAAAJ-g/2Vfg0mN-euQSohMGECE1vj3zNEjkqWvvwCLcBGAsYHQ/w640-h232/logo_lomba.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZjKQc5AjLoU/X45z2OmFmyI/AAAAAAAAJ-g/2Vfg0mN-euQSohMGECE1vj3zNEjkqWvvwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h232/logo_lomba.jpg
Prodi Arsitektur UIN Ar-Raniry
https://www.arsitektur.ar-raniry.ac.id/2020/10/lomba-iluminasi-mushaf-al-quran-2020.html
https://www.arsitektur.ar-raniry.ac.id/
https://www.arsitektur.ar-raniry.ac.id/
https://www.arsitektur.ar-raniry.ac.id/2020/10/lomba-iluminasi-mushaf-al-quran-2020.html
true
2977250898243780209
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content