Halloween party ideas 2015

Banda Aceh - Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry adakan Workshop dengan tema Pembekalan Syariat Islam yang telah dilaksanakan pada hari sabtu 14 juli 2018 tadi. Dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Muhammad AR selaku ketua panitia pelaksana, Kegiatan workshop ini diperentukkan bagi seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Fakultas Saintek, yang harapannya dengan kegiatan tersebut akan lebih menambah wawasan mengenai syariat islam, akhlaq islami dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan workshop yang berlangsung sejak jam 9.00 s.d 16.00 wib ini menghadirkan empat orang pemateri yang sudah ahli dibidangnya masing-masing. Untuk sesi pertama yang dipandu oleh Dr. Sulaiman, MA menghadirkan Bapak Rahmadon Tosari Fauzi, P.hD yang memaparkan topik mengenai Akhlaq pendidik dan kultur ke-Acehan. Menurut Rahmadon, seorang pendidik yang baik haruslah mempunyai sikap zuhud, bersih jiwa dan raga, iklas memberi ilmu karena Allah, dan menjadi panutan bagi murid-muridnya.

Sementara pada sesi kedua, materi workshop bertemakan tentang Syariat Islam di Aceh dan Penerapannya. Penyampaian materi disampaikan oleh Drs. Tgk Tarmizi Daud, MA yang dipandu oleh Saiful Hadi selaku moderator. Pembahasan berlangsung sangat alot dan hangat karena membahas berbagai topik yang sedang trending di Aceh, terutama kendala-kendala dalam penerapan syariat di bumi Aceh.

Sedangkan pada sesi selanjutnya dipandu oleh Zia Faizurrahmany El Faridy berlangsung ba'da zuhur. Topik pada sesi ketiga mengusung tema Sains dan Teknologi dalam Al-Quran yang disampaikan oleh Bapak Ir. Faisal Adriansyah, M.Si. Dan pada sesi terakhir membahas topik Islam dan Integrasi Sains yang disampaikan oleh Bapak Dr. Agus Sabti, M.Si. 

Dari penjelasan dua pemateri terakhir, sains dan teknologi sangat erat kaitannya dengan Al-Quran. Namun demikian Kitab suci al-Quran bukannlah buku sains melainkan wahyu yang dapat menjadi hidayah bagi yang membacanya. Dari 6000an ayat al-Quran, 800an ayatnya menyinggung tentang alam dan segala fenomena-fenomenanya. Hal ini seharusnya menjadi inspirasi bagi setiap muslim untuk mengkaji dan menelaah demi kemajuan islam dan muslim itu sendiri. [SH]

Diberdayakan oleh Blogger.